Senin, 11 Februari 2013

Resume Buku "10 Jurus Terlarang" Karya Ippho Santosa

Assalamu'alaykum wr.wb

Membaca sangat bermanfaat karena akan menambah ilmu kita, kali ini ane pengen sharing ilmu dari sebuah buku Mas Ippho yang sangat terkenal "10 Jurus Terlarang" yang ane buat ringkasannya aja. Ane dapet ni buku dari adik kelas kuliah ane.

Yaudah langsung aja untuk mengetahui jurus2 dahsyat apa aja.









Jurus#1 Muliah Dengan yang Kanan
- Orang Lateral
Too bad can be good! Terlalu buruk itu bisa berarti baik!
Kisah 1

 Ryanair penerbangan eropa dengan low-cost nya kalo di indonesia itu sama kaya Air Asia ckck.
Nah ryanair itu mulai dari tiket murah bahkan 25% kursinya gratis lho, sebenarnya klo bicara murah itu sama halnya yang dilakukan Shouthwest Airline, JetBlue Airways dan tentunya Air Asia yang jauh2 hari sudah melakoninya. Namun Ryanair bisa dikatan yang paling buruk disana.
Betapa tidak? kursinya tidak bisa direbahkan, kantong belakang kursi pun tidak ada (itu artinya semakin banyak ruang kosong untuk mengangkut penumpang. Tidak cukup sampai disitu, jangan harap disanan ada minuman gratis. Mereka menjual air kudapan dan hanya melayani penerbangan jarak pendek saja.
Masalah penjualan tiket hampir sepenuhnya melalui internet. Ini semua dilakukan untuk menekan biaya administrasi. Selain itu Ryanair juga memasang iklan di sekujur badan pesawat.
Itu saja paparan cerita pertama, saya hanya ingin menegaskan bahwa didalam pertarungan bisnis yang serba carut-marut, hiruk-pikuk  dan hingar bingar dewasa ini kadangkala kita membutuhkan pendekatan2 yang lateral, tidak lagi linear. Kontroversial, tidak lagi konvensional. Gebrakan, bukan sekedar gerakan. Kendati mulanya pendekatan2 tersebut dicap buruk bahkan terlarang oleh kebanyakan orang.

- Orang Gila
Kisah ke-2

Kisah seorang pengusaha di bali bernama Purdi Chandra dan Mr.Joger merupakan orang-orang yang humoris. Mr Joger pernah bercerita bahwa dia tidak pernah sekalipun merasa sedih. Dia selalu gembira, antusias dan selalu berpikir positif. Ternyata, konsep duka memang tidak ada dalam benaknya. Terus, dia bertutur tentang Purdi Chandra yang hampir selalu berhasil dalam bisnis-bisnisnya. Rupanya, Purdi Chandra memang tidak pernah memasukkan konsep gagal ke dalam pikirannya.
Mirip seperti orang gila kan. ckck.... Lho serius orang gila kan tidak pernah ada benak konsep sakit dalam hatinya.
Kesimpulannya, hati-hatilah dengan pikiran kita, pilah dan pilih konsep yang patut bercokol disana. Tayangan di televsi, majalah dan surat kabar acapkali mencekoki pikiran kita dengan hal2 yang negatif. Repotnya seringkali kita tak menyadarinya.
Bagi penulis orang-orang yang luar biasa adalah orang-orang yang sedikit gila. Bukankah sesepuh Intel, Andy Groove bersikeras, "Only paranoid can survive." Hanya yang gila yang bertahan. Makanya, gunakan Teknologi 3G alias Gila, Gelo, Gendeng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar